Tips Jitu Memegang Kartu Kredit

Menggunakan kartu kredit dengan bijaksana bisa membantu kita dalam melakukan transaksi, namun jika tidak dapat mengendalikan diri dalam menggunakan kartu kredit maka akan terlilit hutang yang tidak atau bahkan sampai dikerjar-kejar debtkolektor karena sudah tidak mampu bayar.
Berikut tips memegang kartu kredit :

1. Pergunakan kartu kredit sebagai uang plastik bukan kartu hutang, karena akan mempermudah kita dalam bertransaksi dalam jumlah besar misalnya Rp. 2.000.000,- maka kita tidak perlu membawa uang tunai dalam jumlah besar.

Tanamkan dalam pikiran kita bahwa kartu kredit adalah alat pembayaran bukan KARTU HUTANG.

2. Manfaatkan fasilitas yang terdapat dalam kartu kredit Pembayaran dalam satu tagihan seperti pembayaran air, PLN, Telephon, TV berlangganan, internet dll, sehingga kita mempermudah kita karena seluruh tagihan dalam satu biling. Manfaatkan fasilitas lainnya seperti Executif Lounge di Bandara.

4. Jika harus berhutang dengan kartu kredit maka kita harus jeli atas kemampuan kita membayar, membayar minimum payment hanyalah akan membayar bunganya saja dan tidak mengurangi pokoknya ataupun hanya menguranginya pokok hanya sedikit.

Ingat Bunga Kartu Kredit 3,5% / bulan untuk transaksi barang dan 4%/ bulan untuk penarikan tunai, bunga yang sangat tinggi.

Oleh sebab itu jika dirasakan tidak mungkin membayar dalam waktu dekat, ubahlah transaksi anda menjadi cicilan tetap berjangka waktu, sesuaikan jangka waktu dengan kemampuan kita.

5. Kartu Kredit juga dapat dapat dipergunakan untuk keperluan mendesak atau emergency, misalnya untuk membayar rumah sakit, sementara uang cash tidak mencukupi atau mesin ATM jauh dari rumah sakit, maka kartu kredit akan dapat dipergunakan sebagai bantuan darurat.

6. Bayarlah tagihan kartu kredit sebelum tanggal jatuh tempo, sehingga tidak terkena bunga berbunga.

7. Memiliki lebih dari 5 kartu kredit adalah tidak menguntungkan karena akan terbebani oleh iuran tahun, lebih baik memiliki 1 kartu kredit dengan limit yang besar lebih menguntungkan daripada memiliki kartu kredit banyak namun limitnya kecil.

8. Pengendalian diri sangat diutamakan sebagai pemegang kartu kredit untuk terhindar dari lilitan hutang dan kejaran debtkolektor.

Gunakan manfaatnya bukan kreditnya cara cerdas menggunakan kartu kredit.

Semoga bermanfaat …

Penulis Pemegang Kartu Kredit sejak 2001

Sumber: ekonomi.kompasiana.com

21 Komentar:

jangan lupa mampir balik ya gan

infonya sangat bermanfaat sekali


terimaksih atas infonya

sukses terus buat blognya kawan.. heheh

artikelnya ngasih inspirasi nih

terima kasih sudah mau berbagi



ikut menyimak di sini ya gan


jadi nambah pengetahuan bagi saya gan infonya

Thursday, 03 January, 2013 Visitor
Anonymous said...

aku punya1KK. pengen nambah limitnya heheheh

KK bisa menjadi pisau bmata 2. http://ternak-kambing-gibas.blogspot.com/

ini nerlaku untuk semua merk kartu ya ,, thn=ank's infonya

Pas banget tuh tipnya, kartu kredit bukan sumber dana tapi hanya mempermudah transaksi belanja, maka gunakan dengan bijak.

tipsnya boleh juga nih bro, ane coba deh

Monday, 01 April, 2013 Visitor
Anonymous said...

betul..betul...betul...uang plastik ini bisa membuat orang lupa

 

Followers

Followers

Followers

© 2009 - Now Ari Febriant's Blog™
Didukung Oleh :
Blogger | O-Zone | Galeri Ari Febriant's | Fish Hatchery Masamo | Tabel Klasemen & Topskor Liga