Maskot Piala Dunia

• Piala Dunia 1966, Inggris: World Cup Willie
Berwujud singa yang merupakan simbol dari kerajaan Inggris. Dia mengenakan kaos Union Jack dengan tulisan ”WORLD CUP”.

• Piala Dunia 1970, Meksiko: Juanito
Digambarkan sebagai seorang anak laki-laki mengenakan kostum timnas Meksiko. Dia memakai topi khas Meksiko, yakni Sombrero, yang bertuiskan ” MEXICO 70”. Juan merupakan sebuah nama kecil yang umum dipakai dalam bahasa Spanyol.

• Piala Dunia 1974, Jerman (Barat): Tip and Tap
Dua anak laki-laki yang tingginya berbeda mengenakn kostum timnas Jerman (Barat). Dikostum anak pertama bertuliskan WM (Weltmeinserschaft atu Piala Dunia), yang kedua tertera angka 74 merujuk tahun penyelenggaraan.

• Piala Dunia 1978, Argentina: Gauchito

Seorang anak laki-laki mengenakan kostum timnas Agentina. Dan juga mengenakan topi bertuliskan ”ARGENTINA 78”, memekai syal dan membawa cambuk. Terkesan lebih garang. Ini adalah tipikal Gaucho, istilah yang digunakan untuk mendeskripsikan penduduk di Pampas, Gran Chaco, dan Patagonia di Amerika Selatan yang juga dapa ditemukan di Argentina. Gaucho berarti pejuang.

• Piala Dunia 1982, Spanyol: Naranjito

Berwujud buah jeruk yang memiliki kaki dan tangan yang memegang bola. Jeruk adalah buah yang menjadi ciri khas Spanyol (selain banteng). Mengenakan kostum timnas Spanyol. Namanya berasal dari kata ”naranja”, yang berarti jeruk dalam bahasa Spanyol. Dan dibelakangnya ditambah ito untuk menunjukkan sebagai jeruk kecil.

• Piala Dunia 1986, Meksiko: Pique
Cabai khas Meksiko, jalapeno yang mengenakan Sombrero, topi khas Meksiko. Maskot ini adalah karakteristik dari masakan Meksiko. Dengan kumis tebal, berkaus merah, dan bercelana putih. Maskot yang diberi nam Pique ini sangat menark, Pique berasal dari kata ”picante” yang berarti cabai pedas dan saus.

• Piala Dunia 1990, Italia: Ciao
Agak abstrak, namun mempresentasikan sosok manusia dengan kepalanya adalah bola. Sementara tubuh, tangan dan kakinya terdiri dari balok pembentuk tiang gawang dengan warna bendera Italia. Namanya merupakan sapaan di Italia yang berarti ”Halo”.

• Piala Dunia 1994, Amerika Serikat: Striker, The World Cup Pup
Berwujud anjing yang merupakan binatang kesayangan di Amerika Serikat. Mengenakan kostum timnas AS yang bertuliskan ”USA 94”. Mengesankan kelincahan.

• Piala Dunia 1998, Prancis: Footix
Berwujud ayam jantan yang merupakan simbol timnas Prancis. Berwarna biru yang mempresentasikan kostum kebesaran timnas Prancis, didadanya bertuliskan ”FRANCE 98”. Footix merupakan Portmanteau (gabungan dua atau lebih menghasilkan satu arti) dari ”Foot” dan akhiran ”ix”.

• 2002, Korea Selatan & Jepang: Spherix (Kaz, Ato, Nik)

Oranye, ungu dn biru futuristik aadalah warna ketiga makhluk ciptaan komputer. Mereka merupakan anggota sebuah tim ”Atmoball” (permainan fiksi semacam sepak bola). Ato pelatih, sedangkan Kaz dan Nik pemain.

• Piala Dunia 2006, Jerman: Goleo VI and Pille

Berwujud singa yang mengenakan kostom timnas Jerman yang tertera angka 06. Dia memegang bola yang bisa berbicara. Goea adalah gabungan dari kata ”Goal” dan ”Leo” (singa). Sedangkan Pille adalah kata sehari-hari untuk menyebut sepak bola di Jerman.

• Piala Dunia 2010, Afrika Selatan: Zakumi
Berwujud leopard yang merupakan salah satu binatang khas yang hidup di Afrika Selatan. Dan juga termasuk lima besar binatang khas yang dlindungi disana. Yang mengenakan kaus putih dan celana hijau yang mempresentasikan kostum timnas Afsel. Pada kaus bertuliskan ”SOUTH AFRICA 2010”. Berkulit kuning (emas) dan berambut dengan gaya Afro (merupakn gaya rambut di Afrika), dan berwarna hijau yang mengesankan warna rumput lapangan sepak bola. Dia Mengesankan kecepatan, kekuatan, energik, pintar, dan ambisius. Nama Zakumi berasal dari dua kata, ”ZA” (inisial Afrika Selatan dalam bahasa Afrikaans, satu dari 11 bahasa resmi Afrika Selatan) dan ”KUMI” (dari bahasa ki-Swahili) yang berarti 10, tahun penyelenggaraan Piala Dunia.

0 Komentar:

 

Followers

Followers

Followers

© 2009 - Now Ari Febriant's Blog™
Didukung Oleh :
Blogger | O-Zone | Galeri Ari Febriant's | Fish Hatchery Masamo | Tabel Klasemen & Topskor Liga